Fungsi Komunikasi
Fungsi
komunikasi menurut Harol D. Lasswell adalah sebagai berikut :
The surveillance of the environment, fungsi komunikasi adalah untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi mengenai kejadian dalam suatu lingkungan (kalau dalam media massa hal ini sebagai penggarapan berita).
The surveillance of the environment, fungsi komunikasi adalah untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi mengenai kejadian dalam suatu lingkungan (kalau dalam media massa hal ini sebagai penggarapan berita).
Fungsi
komunikasi menurut Onong Uchjana Effendi dalam buku Dimensi-dimensi Komunikasi
mempunyai pendapat sebagai berikut:
1. Memberikan informasi (public information)
1. Memberikan informasi (public information)
2. Mendidik
masyarakat ( public education)
3.
Mempengaruhi masyarakat (public persuasion)
4. Menghibur
masyarakat ( public entertainment)
Tujuan Komunikasi
Upaya
komunikasi yang dilakukan tentunya mempunyai tujuan tertentu, tujuan yang di
maksud disini menunjuk pada hasil atau akibat pelaku komunikasi.
Tujuan
komunikasi dapat dilihat dari dua perspektif kepentingan yaitu:
ü Kepentingan
sumber/pengirim/komunikator
ü Kepentingan
penerima/komunikan
ü Dengan demikian dapat
dijelaskan sebagai berikut:
1)
Memberikan informasi
Kita sebagai komunikator
memberikan informasi dan berperan aktif dalam menjelaskan kepada
komunikan/penerima dengan sebaik-baiknya dan sehingga mereka dapat mengerti dan
mengikuti apa yang kita maksudkan.
2)
Mendidik
Menggerakan orang lain untuk
melakukan sesuatu, menggerakkan sesuatu itu dapat bermacam-macam, mungkin
berupa kegiatan, kegiatan yang dimaksud disini adalah kegiatan yang lebih
banyak mendorong, namun yang harus diingat adalah bagaimana cara yang baik untuk
melakukannya.
3)
Menyenangkan/menghibur
Peran komunikator adalah
memahami orang lain, kita sebagai komunikator harus mengerti benar aspirasi
masyarakat tentang apa yang di inginkan, jangan mereka menginginkan
kemauannya.
4)
Menganjurkan suatu tindakan atau persuasi
Supaya gagasan dapat
diterima orang lain, kita harus berusaha agar gagasan kita dapat diterima orang
lain dengan pendekatan persuasif bukan memaksakan kehendak.
Jadi secara singkat dapat
kita katakan bahwa komunikasi itu bertujuan mengharapkan pengertian, dukungan,
gagasan, dan tindakan; stiap kali kita bermaksud mengadakan komunikasi maka
kita perlu meneliti apa yang menjadi tujuan kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar